Get this gadget at facebook popup like box

Senin, 19 Desember 2011

Studi Korelasi Antara Partisipasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Asrama Madrasah dengan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang 5333


Studi Korelasi Antara Partisipasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Asrama Madrasah dengan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang 5333


Salah satu faktor yang mempengaruhi pestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih adalah lingkungan tempat tinggal siswa (asrama). Mata pelajaran Fiqih yang notabene adalah mata pelajaran aplikatif harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan materi Fiqih dalam kehidupan sehari-hari maka pemahaman siswa terhadap materi Fiqih menjadi lebih baik. Oleh karena itu, siswa yang tinggal di asrama memiliki prestasi yang lebih karena kegiatan di asrama mendukung pemahaman siswa terhadap materi Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana korelasi antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan di Asrama Madrasah dengan prestasi pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang? Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. Subyek penelitian sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu analisis pendahuluan, analisis hipotesis dan analisis lanjutan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi satu prediktor.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil hipotesis dengan uji koefisien variabel menunjukkan adanya korelasi positif antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Penelitian ini ditunjukkan oleh harga Freg = 10, 346 yang telah dikonsultasikan dengan tabel pada signifikan 5% dan 1% yang hasilnya adalah signifikan, yaitu Freg = 10, 346 Ft (0,05) = 4,20 dan Ft (0,01) = 7,64. Dengan demikian, setelah diadakan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi diketahui adanya korelasi positif antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Artinya semakin baik partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah, maka semakin baik pula prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Namun sebaliknya, semakin buruk partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah, maka semakin buruk pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademik dan praktisi pendidikan terutama dalam rangka meningkat prestasi belajar peserta didik. Dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah, maka prestasi belajar peserta didik bisa maksimal. DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar