Studi Korelasi Antara Partisipasi Siswa dalam
Mengikuti Kegiatan Asrama Madrasah dengan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran
Fiqih di MAN 1 Semarang 5333
Salah satu faktor yang mempengaruhi
pestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih adalah lingkungan tempat
tinggal siswa (asrama). Mata pelajaran Fiqih yang notabene adalah mata
pelajaran aplikatif harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
menerapkan materi Fiqih dalam kehidupan sehari-hari maka pemahaman siswa
terhadap materi Fiqih menjadi lebih baik. Oleh karena itu, siswa yang tinggal
di asrama memiliki prestasi yang lebih karena kegiatan di asrama mendukung
pemahaman siswa terhadap materi Fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana korelasi antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan di
Asrama Madrasah dengan prestasi pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang?
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. Subyek
penelitian sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen
angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu
analisis pendahuluan, analisis hipotesis dan analisis lanjutan. Data yang
terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik. Pengujian
hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi satu prediktor.
Pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa hasil hipotesis dengan uji koefisien variabel menunjukkan adanya korelasi
positif antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama madrasah
dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Penelitian
ini ditunjukkan oleh harga Freg = 10, 346 yang telah dikonsultasikan dengan
tabel pada signifikan 5% dan 1% yang hasilnya adalah signifikan, yaitu Freg =
10, 346 Ft (0,05) = 4,20 dan Ft (0,01) = 7,64. Dengan demikian, setelah
diadakan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi diketahui adanya
korelasi positif antara partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama
madrasah dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang.
Artinya semakin baik partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan asrama
madrasah, maka semakin baik pula prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih di
MAN 1 Semarang. Namun sebaliknya, semakin buruk partisipasi siswa dalam
mengikuti kegiatan asrama madrasah, maka semakin buruk pula prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Semarang. Hasil penelitian ini
diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademik
dan praktisi pendidikan terutama dalam rangka meningkat prestasi belajar peserta
didik. Dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah, maka prestasi
belajar peserta didik bisa maksimal.
DOWNLOAD
FILE LENGKAPNYA
0 komentar:
Posting Komentar