UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI MATERI POKOK
MENGENAL DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DAN SAHABATNYA MELALUI METODE INDEX CARD
MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI. 5332
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar SKI materi pokok mengenal dakwah
nabi Muhammad SAW dan sahabatnya melalui metode index card match pada peserta
didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari
Tegal yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan.
Penelitian ini menggunakan desain
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua
siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan
(planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4)
Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian
Tindakan Kelas dipilih sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar SKI di kelas
dengan fokus menerapkan metode index card match. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa
hasil belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari
Tegal mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan tindakan
berupa penerapan metode index cart match pada pembelajaran SKI materi pokok
mengenal dakwah Nabi Muhammad saw dan sahabatnya. Peningkatan hasil belajar
tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan
hasil belajar secara klasikal sebelum dilakukan tindakan dan setelah
pelaksanaan tindakan. Para pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta
didik adalah 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,63%. Sedangkan pada
siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 73
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,21%. Kemudian pada siklus II
nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat lagi menjadi 78 dengan
ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Disamping itu keaktifan peserta
didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode index cart match ini juga
meningkat pesat setelah diberikan tindakan. Peningkatan ini dapat
diidentifikasi dari aktifitas peserta didik yang diamati seperti tingkat kerja
sama peserta didik dengan teman sekelas, keaktifan mencari pasangan kartu,
menjawab atau mengemukakan pendapat, memperhatikan penjelasan dari guru dan
mengajukan pertanyaan. Beberapa aspek tersebut mengalami peningkatan tiap
siklusa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode index card match dalam
pembelajaran SKI benar terbukti dapat meningkatkan keaktifan peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini
diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga
pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan
Fakultas Tarbiyah
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas V SD Islam Darul Falah Genuk 5331
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : 1) Disiplin belajar siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk
Semarang. 2) Prestasi belajar siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk
Semarang. 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran
fiqih siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian
populasi, yang mana sampelnya diambilkan dari seluruh populasi siswa kelas v SD
Islam Darul Falah Genuk Semarang berjumlah 34 orang. Untuk mengukur disiplin
belajar digunakan metode angket dan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa
dengan metode tes yang disebarkan kepada siswanya. DOWNLOAD
FILE LENGKAPNYA
0 komentar:
Posting Komentar