Get this gadget at facebook popup like box

Senin, 19 Desember 2011

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI MATERI POKOK MENGENAL DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DAN SAHABATNYA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI. 5332


UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI MATERI POKOK MENGENAL DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DAN SAHABATNYA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI. 5332


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar SKI materi pokok mengenal dakwah nabi Muhammad SAW dan sahabatnya melalui metode index card match pada peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) Pelaksanaan tindakan (acting) (3) Pengamatan (observing) dan (4) Refleksi (reflecting). Dengan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian Tindakan Kelas dipilih sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar SKI di kelas dengan fokus menerapkan metode index card match. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mujahidin Jembayat Margasari Tegal mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan tindakan berupa penerapan metode index cart match pada pembelajaran SKI materi pokok mengenal dakwah Nabi Muhammad saw dan sahabatnya. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebelum dilakukan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Para pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,63%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 73 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,21%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat lagi menjadi 78 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Disamping itu keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode index cart match ini juga meningkat pesat setelah diberikan tindakan. Peningkatan ini dapat diidentifikasi dari aktifitas peserta didik yang diamati seperti tingkat kerja sama peserta didik dengan teman sekelas, keaktifan mencari pasangan kartu, menjawab atau mengemukakan pendapat, memperhatikan penjelasan dari guru dan mengajukan pertanyaan. Beberapa aspek tersebut mengalami peningkatan tiap siklusa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode index card match dalam pembelajaran SKI benar terbukti dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah


Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas V SD Islam Darul Falah Genuk  5331
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Disiplin belajar siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk Semarang. 2) Prestasi belajar siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk Semarang. 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian populasi, yang mana sampelnya diambilkan dari seluruh populasi siswa kelas v SD Islam Darul Falah Genuk Semarang berjumlah 34 orang. Untuk mengukur disiplin belajar digunakan metode angket dan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa dengan metode tes yang disebarkan kepada siswanya.  DOWNLOAD FILE LENGKAPNYA

0 komentar:

Posting Komentar