UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL -QURAN HADITS
SISWA KELAS V MI. MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL 5330
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah penggunaan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar
Al Quran Hadits siswa kelas V MI. Tarbiyatusysyubban Kalimulyo Jakenan Pati
Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas V MI. Tarbiyatusysyubban
Kalimuyo Jakenan Pati.
Dari data yang ditemukan menunjukkan
bahwa metode drill dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran Al
Quran Hadits pada materi hafalan dan isi kandungan hadits tentang ciri - ciri
orang munafik. Pada proses pembelajaran sebelum pelaksanaan siklus adalah 35,71
% sedangkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I yaitu 70,57
% dan 85,71 % pada siklus II. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun
kelompok, dan mampu mempertanggungjawabkan segala tugas baik individu maupun
kelompok.
Berdasarkan data di atas menunjukkan
bahwa penerapan metode drill mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa, terutama tingkat pemahaman dan hafalan
0 komentar:
Posting Komentar